Mahasiswa Prodi Sastra Inggris Kembangkan Usaha minuman Tradisional HERBALOVE dan JAWARAS

Jumat,10 November 2023 - 09:28:57 WIB
Dibaca: 249 kali

Apakah wirausaha sama dengan pedagang? Ini adalah pertanyaan yang sering kali membuat orang keliru mengenai istilah-istilah tersebut. Namun, dalam realitasnya, ada perbedaan yang signifikan antara seorang wirausaha dan seorang pedagang. Wirausaha bukan hanya tentang berdagang, tetapi juga tentang menciptakan sesuatu yang baru, inovatif, dan mengubah dunia dengan ide-ide kreatif. Di sisi lain, pedagang lebih fokus pada menjual barang jadi. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai perbedaan ini dan bagaimana Program Wirausaha Merdeka 2023 membantu mahasiswa dalam mengembangkan wawasan dan keterampilan kewirausahaan.

Sebagai mahasiswa Program Studi Sastra Inggris dalam Program Wirausaha Merdeka 2023, Stefanus Diky Setyawan adalah contoh nyata bagaimana mahasiswa aktif dan antusias terlibat dalam program yang telah memperjelas perbedaan ini. Program ini terdiri dari tiga tahap utama: pre-immersion, immersion, dan post-immersion, yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang kewirausahaan kepada mahasiswa.

Tahap immersion adalah babak penting dalam perjalanan ini, di mana mahasiswa terlibat dalam observasi dan magang di UMKM yang berfokus pada produksi minuman herbal seperti jamu. Selama periode tahap Immersion, mahasiswa melakukan riset yang mendalam, mulai dari mengamati tempat usaha magang, menganalisis pasar, hingga merancang rencana usaha dan produk yang diamati.

Selama magang di UMKM Ning Saudah, mahasiswa tidak hanya mengamati proses bisnis, tetapi juga aktif terlibat dalam produksi jamu, merancang kemasan produk, serta mengembangkan strategi pemasaran. Selain itu, mereka juga belajar mengenai manajemen keuangan usaha, sebuah aspek penting dalam dunia wirausaha.

Tidak hanya itu, mereka juga menciptakan produk-produk inovatif, seperti jamu “HERBALOVE” dan minuman herbal “JAWARAS,” yang memanfaatkan berbagai bahan herbal alami. Produk ini dibuat dengan tingkat kebersihan yang tinggi dan menggunakan metode tradisional. Selanjutnya, mereka merencanakan untuk memasarkan produk-produk ini melalui media sosial.

Pengalaman dalam tahap immersion telah memotivasi para mahasiswa untuk terus belajar, berkolaborasi, dan mengembangkan pemahaman tentang wirausaha. Mereka yakin bahwa pengetahuan ini akan menjadi dasar yang kuat untuk mengembangkan usaha mereka sendiri di tahap post-immersion.

Program Wirausaha Merdeka 2023 membuka pintu bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan kewirausahaan dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi. Mereka berterima kasih kepada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan UMKM yang telah menjadi mitra dalam program ini.

Tentu saja, tujuan utama program ini bukan hanya tentang menciptakan pengusaha muda yang sukses, tetapi juga tentang melatih mahasiswa dalam berpikir kritis dan menggunakan daya nalarnya secara efektif. Program ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk menyusun argumentasi yang logis dan terstruktur dalam bentuk laporan kegiatan, yang merupakan kemampuan yang sangat penting dalam dunia bisnis.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membentuk tim produksi, desain, dan pengelolaan keuangan sesuai dengan harapan dari pihak UMKM yang bermitra dengan mereka. Dengan demikian, program ini mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM, sambil memberikan mahasiswa pengalaman berharga dalam pengelolaan bisnis.

Program Wirausaha Merdeka 2023 adalah contoh nyata bagaimana universitas dapat memberikan peluang unik bagi mahasiswa untuk menggabungkan pengetahuan akademis dengan pengalaman praktik lapangan. Ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk bersaing dalam dunia usaha yang semakin kompleks.

Program ini bukan hanya sekadar program pelatihan, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan para mahasiswa dan perkembangan ekonomi negara. Mahasiswa seperti Stefanus Diky Setyawan adalah contoh bagaimana generasi muda dapat aktif berkontribusi dalam upaya menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang inovatif dan kreatif. Program ini merupakan langkah positif dalam membangun generasi wirausaha yang tangguh dan berwawasan luas, yang siap menghadapi persaingan di era teknologi modern.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya