Beri Pemahaman Dampak Desain Logo dan Kemasan, Dosen Sastra Inggris dan Mahasiswa Berikan Buku Referensi
Selasa,17 Juni 2025 - 15:02:02 WIBDibaca: 32 kali

Surabaya – Kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting untuk ekonomi setiap negara, termasuk Indonesia. Selain menyediakan lapangan kerja, UMKM membantu pertumbuhan ekonomi regional dan PDB. Industri kuliner mengalami pertumbuhan yang cepat di antara berbagai industri. Logo dan kemasan sangat penting untuk strategi pemasaran, terutama untuk UMKM. Di era persaingan yang semakin ketat ini, desain yang menarik dan berkualitas tinggi dapat menjadi faktor penting yang membedakan produk yang satu dengan yang lainnya. Logo dan kemasan berfungsi sebagai perlindungan produk dan daya tarik produk, sedangkan identitas visual merek mencerminkan nilai dan karakter merek atau pengusaha.
Buku ini membahas bagaimana kemasan sangat penting dalam proses produksi karena berdampak pada penjualan dan ekonomi. Serta mencakup beberapa studi kasus UMKM yang telah berhasil dalam branding dan packaging.
Proses penyusunan buku ini dilakukan secara kolaboratif. Mahasiswa KKN melibatkan beberapa mitra sebagai bahan studi kasus serta memberikan langkah-langkah dalam pembuatan desain logo dan kemasan berdasarkan sumber jurnal ahli.
Buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai dampak desain logo dan kemasan terhadap ekonomi UMKM. Seperti Menganalisis peran desain dengan mengidentifikasi bagaimana desain logo dan kemasan dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan konsumen. Memberikan rekomendasi praktis dengan menyajikan langkah-langkah dan strategi bagi UMKM untuk mengoptimalkan desain mereka. Menyajikan studi kasus contoh-contoh nyata dari UMKM yang berhasil meningkatkan kinerja ekonomi mereka melalui desain yang efektif. Meningkatkan kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya investasi dalam desain untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Dalam penulisan buku ini, mahasiswa menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan wawancara. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan teori yang relevan mengenai desain logo dan kemasan, serta dampaknya terhadap ekonomi UMKM. Sumber yang digunakan mencakup buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian terkini.
Tidak hanya itu, tim KKN juga menghasilkan luaran kegiatan lainnya : sebuah desain logo untuk salah satu mitra yakni Galih’s Snack, UMKM yang memiliki produk keripik kulit kebab serta macam-macam snack lainnya. Desain logo ini sebagai bukti bahwa pentingnya branding dan packaging dalam suatu produk.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa berharap UMKM memiliki potensi besar untuk tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Melalui langkah - langkah yang tepat, dukungan dari berbagai pihak, serta inovasi yang berkelanjutan, UMKM dapat mencapai keberhasilan yang lebih besar dan bisa lebih berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.
Link Buku : https://drive.google.com/file/d/1x8AxrYEb6TN3BExivoPVfwLU7z48Nezp/view?usp=sharing
Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya