Asistensi Mengajar SDN Gunung Anyar 273 SURABAYA

Jumat,29 September 2023 - 09:37:15 WIB
Dibaca: 146 kali

Pendidikan dasar, terutama sekolah dasar (SD), merupakan tahapan awal yang sangat penting dalam perkembangan anak-anak. Guru-guru SD memiliki peran sentral dalam membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan anak-anak. Proses mengajar di SD ini melibatkan elemen kunci yang fokus pada pertumbuhan siswa, termasuk aspek akademis, sosial, dan emosional. Kita harus mampu merancang pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak-anak, memotivasi mereka, serta menciptakan lingkungan kelas yang aman dan inklusif. Disini saya juga berperan dalam membantu siswa mengembangkan nilai-nilai moral dan etika. Mata pelajaran yang diajarkan meliputi matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris, ilmu pengetahuan alam, dan seni.

Pada bulan pertama ini saya mengamati tentang manajemen kelas yang ada di SDN Gunung Anyar 273 Surabaya ini, manajemen kelas sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran untuk mengatur sumber daya di kelas dengan efektif dan efisien. Menurut saya manajemen kelas sangat penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan dapat memotivasi siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Contoh nya menyiapkan media belajar, pengaturan ruang belajar, menciptakan kondisi pembelajaran yang baik, dan pengaturan waktu.

Manajemen kelas yang saya lakukan di SDN Gunung Anyar 273 Surabaya meliputi bahan ajar bersama metode pembelajarannya serta perangkat evaluasinya. Sehingga manajemen kelas berangkat dari penyusunan perangkat persiapan hingga terwujudnya rencana pelaksanaan pembelajaran, Perencanaan adalah langkah awal saya dalam memanajemen kelas, di mana saya merencanakan kegiatan pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan metode pengajaran. Perencanaan ini bisa melibatkan persiapan di luar kelas, seperti menyiapkan materi pelajaran, alat peraga, dan rencana pelaksanaan.

Saya memiliki berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam mengelola kelas dengan tujuan mendekati peserta didik dan meningkatkan semangat belajar mereka. Pendekatan yang saya gunakan akan sangat memengaruhi interaksi dan suasana kelas, yang pada akhirnya akan memengaruhi hasil pembelajaran. Saya membuat berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam manajemen kelas mencakup pendekatan sistem sosial, kerja kelompok, keterampilan proses, lingkungan, dan tematik. Pilihan pendekatan ini bergantung pada situasi kelas dan tujuan pembelajaran yang ingin saya capai.

Evaluasi juga merupakan bagian penting dari kegiatan manajemen kelas. Evaluasi tidak hanya terkait dengan hasil belajar siswa, tetapi juga terkait dengan efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Analisis hasil evaluasi dapat membantu guru dalam meningkatkan manajemen kelas di masa depan. Dengan demikian, manajemen kelas adalah proses yang berkelanjutan dan saling terkait antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang dapat melibatkan aktivitas di luar kelas untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan berkesinambungan.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya