Asistensi Mengajar Bersama Surabaya Mengajar di SDN Menur Pumpungan IV/236

Jumat,29 September 2023 - 10:07:01 WIB
Dibaca: 217 kali

Koordinasi PSM Hari Ke-2 SDN Menur Pumpungan IV/236

 

Rabu, 04-09-2023

 

Hari ini saya kembali ke sekolah untuk menemui guru Bahasa Inggris, setelah kemarin saya dihubungi oleh Dra. Ni'matus Sholihah M. S.Pd, seorang guru yang juga bertugas mewakili kepala sekolah. Setelah sampai di ruang kesekretariatan, saya diarahkan untuk pergi ke ruang kepala sekolah. Disana saya bertemu dengan Bapak Eko Yustiawan, S.Pd. yang merupakan guru bahasa Inggris di SDN Menur Pumpungan IV. Di ruangan, beliau memberikan saya beberapa arahan tentang tupoksi saya yaitu mengajar di kelas I dan II pada hari Rabu dan Kamis. Beliau juga memberikan saya beberapa pesan untuk bersabar dalam mengajarkan materi kepada anak-anak.

“Mbak harus sabar-sabar ketika mengajar, apalagi mengajari anak SD,” ujarnya.

Selanjutnya, Bu Ni’ma memberikan masukan bahwa dalam mengajar, kita juga boleh bernyanyi dan bermain games supaya anak-anak merasa senang dan semangat dalam mengikuti pelajaran. Beliau juga meminta saya juga untuk hadir di sekolah setiap Senin-Jumat sebagai tenaga tambahan untuk membantu guru atau membantu administrasi. Saya juga disarankan untuk membuat modul pembelajaran Bahasa Inggris. Setelah itu, saya diperkenankan untuk pulang dan bersiap untuk mengajar besok.

___________

Pembiasaan Pagi SDN Menur Pumpungan IV/236

Kamis, 07-09-2023

SDN Menur Pumpungan IV memiliki pembiasaan pagi tersendiri setiap hari. Setiap pukul 7 pagi setelah bel berbunyi, para siswa berkumpul di lapangan dan berbaris sesuai kelasnya masing-masing. Setelah itu, seluruh warga sekolah termasuk para guru dan tenaga pendidik juga berkumpul untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, surat Al-Fatihah, surat-surat pendek, dan pembacaan visi sekolah yang dipimpin oleh seorang siswa yang dipilih dari kelas-kelas berbeda setiap harinya.

Setelah pembiasaan ini, para siswa akan kembali ke kelas masing-masing. Guru yang bertugas di hari ini sangat mengapresiasi kegiatan pembiasaan pagi yang telah berjalan lancar. Kemudian beliau memilih kelas pertama yang paling tertib untuk kembali ke kelas, dilanjutkan dengan kelas paling tertib yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Setelah kembali ke kelas, para siswa dan guru beserta tendik kembali menjalankan aktivitas masing-masing.

________________________________________________________________

Kegiatan Jumat Bersih SDN Menur Pumpungan IV/236

Jumat, 08-09-2023

Kegiatan Jumat Bersih adalah kegiatan kerja bakti rutin yang dilakukan setiap hari Jumat. Khusus hari ini, para guru diperbolehkan untuk memakai kaos ke sekolah. Seragam yang digunakan oleh para siswa juga menyesuaikan. Ada yang memakai seragam pramuka, maupun olahraga. Tepat pukul 7 Pagi, Para siswa akan dikumpulkan di lapangan untuk melakukan berbaris di lapangan. Setelah itu, mereka akan melakukan pembiasaan pagi yang biasanya dilakukan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca teks Pancasila, membaca surat-surat pendek, pembacaan visi sekolah, dan doa bersama. Selanjutnya, para siswa akan kembali ke kelas masing-masing, untuk mendapatkan arahan untuk membersihkan dari wali kelas. Di kesempatan kali ini, saya mengamati kegiatan pengarahan yang sedang dilakukan oleh Dra. Ni'matus Sholihah M. S.Pd selaku wali kelas VA

Agar kegiatan Jumat bersih yang dilakukan kelas VA berjalan dengan tertib, beliau membagi para siswa menjadi beberapa kelompok. Pembagian tersebut dilakukan berdasarkan nomor absen. Masing-masing kelompok tersebut diberikan tugas untuk membersihkan area yang berbeda. Ada yang membersihkan di bagian sudut baca, di dalam ruang kelas, di taman bagian depan kelas, dan lain-lain

Beliau juga memandu anak-anak untuk memasukan daun-daun kering yang ada di halaman sekolah ke dalam tabung dekomposer. Tabung dekomposer ini nantinya akan menguraikan organisme yang mati menjadi bahan organik yang nantinya akan digunakan untuk tanaman di sekolah. Setelah kegiatan Jumat bersih selesai, para siswa kembali ke kelasnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

___________________________

Mengamati dan Membantu Guru Bahasa Inggris di Kelas VIA

Jumat, 08-09-2023

Kegiatan yang hari ini saya lakukan adalah mengikuti guru Bahasa Inggris mengajar di dua kelas. Sekitar pukul 08.00 WIB kami pergi ke kelas VIA. Di kelas saya bertugas menjadi asistensi mengajar. Setelah masuk ruangan, Pak Eko selaku guru Bahasa Inggris memperkenalkan saya kepada para siswa. Mereka terlihat sangat antusias melihat saya, mahasiswa Untag Surabaya di sekolah mereka untuk yang pertama kali. Awalnya mereka penasaran dengan maksud dan tujuan saya di kelas. Lalu, pak eko menjelaskan bahwa hari ini saya akan membantu beliau di kelas. Setelah berkenalan, saya berdiri untuk mulai mengamati kelas secara langsung dengan berdiri di belakang.

Beliau lalu mengajak anak-anak untuk mereview kembali materi minggu lalu yaitu tentang “feeling” dengan memberikan pertanyaan seputar jenis-jenis perasaan dalam bahasa Inggris seperti marah bahasa inggrisnya angry, sedih bahasa inggrisnya sad, senang bahasa inggrisnya happy, dan lain-lain. Pertanyaan ini diberikan secara acak dengan cara guru memanggil nama siswa yang ada di daftar hadir. Sebagian besar siswa dapat menjawab, namun masih ada beberapa yang salah karena lupa. Beliau pun menghimbau para siswa untuk mempelajari lagi dirumah. Setelah itu, guru mendata kehadiran para siswa. Siswa diajak untuk membiasakan diri menggunakan istilah “present and absent” ketika presensi mata pelajaran Bahasa Inggris.

“Kalau hadir bilang present, kalau tidak hadir berarti absent”, ujarnya.

Sebelum mulai belajar, guru mengajak siswa untuk ice breaking dengan bermain games “Peter Says”. Beliau menjelaskan bahwa ice breaking ini dilakukan untuk melatih konsentrasi para siswa. Ada beberapa siswa yang mendapat hukuman karena melanggar aturan permainan. Mereka dihukum untuk bernyanyi didepan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah bermain, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Para siswa mengikuti materi dengan seksama.

___________________

 

Mengajar di kelas IB untuk Pertama Kali

Rabu, 13-09-2023

Hari ini saya bertugas untuk mengajar di kelas IB. Saya didampingi oleh Bapak Eko Yustiawan, S.Pd selaku guru Bahasa Inggris di SDN Menur Pumpungan IV/236. Kemudian beliau memperkenalkan saya kepada anak-anak dan mengatakan bahwa hari ini mereka akan belajar bersama saya. Mereka menghimbau anak-anak untuk tidak keluar kelas sebelum waktu istirahat. Setelah mendapatkan pengarahan dari Pak Eko, kelas pun berada dibawah kendali saya secara penuh. Saya mengajak anak-anak untuk berhitung dari 1-10 ke dalam Bahasa Inggris, dengan sistem listen and say. Dimana saya akan berhitung terlebih dahulu, kemudian para siswa mengulangi perkataan saya. Hal itu kami lakukan selama 2 kali. Lalu, Saya memanggil beberapa anak untuk maju secara bergantian untuk menuliskan angka ke dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesianya. Untuk kali ini, saya tidak memanggil anak-anak melalui absen. Saya meminta mereka untuk secara sukarela maju mengerjakan di depan. Ternyata anak-anak sangat antusias untuk mencoba maju kedepan. Meskipun ada beberapa anak yang masih salah dalam mengerjakan di depan, saya tetap mengapresiasi semangat mereka dengan “good job” dan meminta mereka untuk semangat belajar. Ada juga segerombolan anak yang berkerumun di depan, membantu temannya yang kesulitan dengan cara mendikte huruf satu persatu. Saya mengizinkan mereka untuk membantu.

Setelah angka 1-10 sudah terisi dengan benar, saya menyuruh mereka untuk duduk ke tempat masing-masing. Pak Eko pun menyarankan kepada saya untuk meminta anak-anak menulis di buku tulis. “Tolong suruh anak-anak untuk menulis di buku tulis, supaya mereka latihan menulis”, kata Pak Eko. Saya pun segera meminta anak-anak untuk menuliskan kembali apa yang baru saja ditulis di papan tulis. Mereka pun menuliskan materi di papan tadi kedalam buku tulis masing-masing. Ada beberapa anak yang asik sendiri, lalu saya menghampiri dan meminta mereka untuk menulis. Kemudian saya meminta mereka untuk membuka buku di halaman 19. Saya meminta mereka untuk mendengarkan dan meniru saya membaca dialog yang ada di buku. Setelah itu, saya meminta mereka untuk mengerjakan bagian “let’s play” dimana kita akan bermain menemukan kata-kata tentang materi kita hari ini yaitu number. Saya menuliskan contohnya di papan tulis dan menjelaskan bagaimana cara bermainnya. Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 08.10 WIB. Saya pun menghimbau mereka untuk mengingat dan latihan menulis lagi tentang “number”. Keesokan harinya pada Kamis, 14/09/2023 saya mengajarkan materi yang sama kepada para siswa kelas IA dengan metode yang sama.

___________________________________________

Kegiatan Jumat Berkah SDN Menur Pumpungan IV/236

Jumat, 15-09-2023

Kegiatan Jumat berkah adalah kegiatan berbagi nasi bungkus atau nasi kotak yang dilakukan SDN Menur Pumpungan IV/236 setiap Jum'at secara rutin di minggu ke-2 setiap bulannya. Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan secara sukarela dan ikhlas tanpa paksaan. Setiap siswa dapat menyumbangkan minimal 1 kotak/ 1 bungkus makanan atau lebih, untuk dikumpulkan. Seperti biasanya, para siswa akan berkumpul untuk melaksanakan pembiasaan pagi. Setelah itu, mereka akan diberi arahan oleh wali kelasnya untuk mengumpulkan makanan yang akan disumbangkan kepada masyarakat sekitar sekolah.

Semua makanan dari kelas-kelas tersebut kemudian dikumpulkan ke dalam kardus dan dimasukan ke dalam mobil. Selanjutnya, makanan akan dibawa ke tempat dimana sekolah biasanya membagikan makanan. Hari ini, makanan tersebut dibagikan kepada para pengendara sepeda motor, pejalan kaki, maupun pedagang di sekitar Jl. Manyar Kartika. Anak-anak membagikan makanan tersebut sendiri, namun tetap dipandu oleh bapak ibu guru yang juga ikut langsung ke jalan. Para siswa yang ikut membagikan sekitar 13 anak dan didampingi oleh 7 orang guru dan tendik. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 bertugas membagikan makanan di ruas jalan sebelah kiri, sedangkan kelompok 2 bertugas membagikan makanan di ruas jalan sebelah kanan. Para siswa yang menjadi perwakilan sangat bersemangat dalam membagikan nasi bungkus. Bahkan mereka sampai berebutan untuk mengambil nasi bungkus di kardus. Akhirnya, saya membantu mengambilkan nasi dari kardus untuk mereka agar lebih tertib dan cepat selesai. Setelah semua makanan habis dibagikan, kami kembali lagi ke sekolah dan melanjutkan aktivitas masing-masing.

_____________________

Mengajar di Kelas VIA untuk Pertama Kali

Jumat, 22-09-2023

Hari ini saya bertugas untuk membantu dan mengawasi kelas VIA sebagai asistensi mengajar. Kali ini para siswa kelas VIA diminta oleh Bapak Eko Yustiawan, S.Pd selaku guru Bahasa Inggris di SDN Menur Pumpungan IV/236 untuk membantu mengoreksi jawaban sumatif tengah semester mereka. Sumatif adalah suatu proses evaluasi yang dilakukan pada akhir periode pembelajaran, misalnya pada pertengahan semester. Soal sumatif tengah semester Bahasa Inggris untuk kelas VIA terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian.

Beliau membagikan lembar ujian secara acak, namun tetap memastikan anak-anak tidak mendapatkan lembar ujian milik mereka sendiri. Mereka diminta untuk mengoreksi tipe soal pilihan ganda dan isian saja. Beliau juga meminta para siswa untuk menuliskan nama korektor terlebih dahulu di pojok kanan atas lembar sumatif dan menuliskan jawaban yang benar. Setelah itu, beliau  membacakan pertanyaan dan menanyakan jawabannya di kelas. Para siswa dengan kompak memberikan jawaban, tetapi jawaban yang mereka berikan cukup beragam. Akhirnya, beliau menuliskan jawaban yang benar di papan tulis dan memberikan penjelasannya.

Setelah semua soal dikoreksi, lembar sumatif tadi dikumpulkan ke ketua kelas untuk dikembalikan lagi kepada beliau. Pak Eko pun meminta saya untuk membantu menggantikan beliau menerangkan materi tentang “giving comment and respond”. Saya pun meminta para siswa untuk membuka buku paket Bahasa Inggris mereka di halaman 29. Kemudian saya menulis materi di papan dan menjelaskannya kepada para siswa. Lalu, saya menunjuk siswa secara acak untuk membacakan contoh dialog di buku paket secara berpasangan dengan teman sebangkunya. Saya meminta para siswa untuk mengidentifikasi ungkapan giving comment dan responsenya. Beberapa siswa dapat menjawab dengan benar, namun ada beberapa siswa juga yang diam saja. Kemudian saya menghampiri mereka dan menjelaskan kembali materi hingga mereka paham.

Saya meminta para siswa mengerjakan soal latihan di buku paket halaman 30. Lalu, saya menjelaskan apa yang harus dilakukan para siswa. Mereka hanya perlu membuat dialog tentang “asking for comment” setelah itu memberikan “comment” berdasarkan tabel yang tertera di buku. Saya selalu mencoba memberikan pemikiran kepada para siswa bahwa materi yang kita pelajari hari ini sangat mudah dan simple, dengan harapan mereka juga berpikiran seperti itu dan bisa mengerjakan tugas dengan baik. Saya menilai hasil jawaban para siswa yang sudah selesai. Ada beberapa siswa yang belum selesai karena memang terkendala oleh waktu yang sudah terpotong untuk mengoreksi tadi, sehingga saya menyuruh mereka untuk melanjutkan dirumah untuk dikoreksi minggu depan.

_________________

Kegiatan “GEMARI” SDN Menur Pumpungan IV/236

Jumat, 22-09-2023

Gemari adalah singkatan dari Gerakan Makan Ikan yang menjadi pembiasaan para siswa SDN Menur Pumpungan IV/236 pada hari Jum’at di minggu ke-3 setiap bulannya. Dalam kegiatan ini, para siswa dihimbau untuk membawa bekal makan dan minum untuk melaksanakan sarapan pagi bersama. Awalnya, para siswa akan melaksanakan pembiasaan pagi terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan kembali ke kelas untuk mendapatkan arahan dari guru kelas.

Di kesempatan kali ini, saya mengamati pengarahan yang diberikan oleh Bu Rahma Sri Saptoani, S.Pd selaku guru kelas II SDN Menur Pumpungan IV/236. Beliau meminta para siswa untuk mengeluarkan bekal dan air minum mereka dari dalam tas. Mereka juga diminta untuk melepas sepatu di dalam kelas. Di halaman kelas, bapak ibu guru menyiapkan karpet sebagai alas duduk para siswa. Setelah persiapan selesai mereka mendapatkan arahan dari wali kelas untuk keluar dan duduk di karpet dengan tertib bersama teman-teman yang lain.

Setelah semua siswa duduk di karpet, mereka kemudian membaca doa bersama-sama. Doa kali ini dipandu oleh salah satu siswi dari kelas 1 yang memberanikan diri untuk memimpin pembacaan doa makan. Setelah berdoa, mereka makan dengan lahap. Kegiatan gemari ini juga diiringi dengan lagu anak-anak yang diputar melalui speaker sekolah. Lagu-lagu tersebut menambah keceriaan para siswa sambil menyantap sarapan bersama. Beberapa guru juga ada yang ikut sarapan bersama dengan anak-anak. Makanan yang dibawa sangat beragam. Ada yang membawa ikan goreng, ayam goreng, dan telur goreng. Ada juga siswa yang membawa buah yang sudah dikupas dan dimasukan ke dalam toples. Mereka terlihat membagikan buah kepada anak-anak disekitarnya. Setelah selesai makan, mereka tidak lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kemudian, beberapa siswa membantu bapak ibu guru melipat karpet yang telah digunakan dan kembali ke kelas untuk belajar seperti biasa.

_____________________________

Mengajar Bahasa Inggris di kelas IA Untuk Kedua Kalinya

Kamis,14-09-2023

Hari ini, saya melanjutkan materi number minggu lalu. Sebelum itu, saya mereview tentang number. Saya menunjuk beberapa anak secara acak dan memberikan mereka pertanyaan nomor 1-10 dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya. Ada beberapa anak yang ternyata masih belum begitu lancar berhitung. Saya menghimbau mereka untuk kembali belajar berhitung 1-10 karena materi number ini akan keluar di ujian minggu depan. Kemudian saya menyuruh para siswa untuk membuka buku halaman 20. Di buku, kami diperintahkan untuk mencari jumlah benda-benda tertentu dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, kami bersama-sama mencoba mengerjakan soal bersama-sama. Saya membacakan soal nomor 1. “How many chickens are there?”. Kemudian saya menanyakan kepada para siswa ada berapa ayam pada gambar? ada berapa anak yang sudah menjawab dengan benar, dan ada juga yang masih salah. Akhirnya kami menghitung jumlah ayam di gambar bersama-sama. Setelah itu, kami melanjutkan ke soal nomor 2-10 dengan membaca dengan keras dan menghitung jumlah benda yang diminta.

 

Setelah semua soal sudah terjawab, saya meminta anak-anak untuk membuka halaman 21. Sebagian besar anak-anak ternyata sudah menyelesaikan soal tersebut dirumah. Saya pun memberikan apresiasi dengan mengajak semua siswa di kelas bertepuk tangan untuk temannya yang rajin belajar dirumah. Kemudian kami membahas soal tersebut bersama-sama. Di buku, kami diperintahkan untuk menerapkan sistem read and write. Kami membaca teks yang disajikan tentang nomor milik seorang anak dalam bahasa Inggris, contohnya Cendy’s number is zero. Kemudian menulis angkanya ke dalam tabel yang sesuai. Setelah dibahas, semua anak dikelas sudah bisa memasukan angka dengan benar. Anak-anak pun saya perbolehkan untuk istirahat. (Nadia)

___________


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya