The Prize Giving Ceremony on National English Speech Contest 2022

  Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:01:12 WIB   -     Dibaca: 59 kali

Pada tanggal 16 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2022 Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah mengadakan lomba pidato yang bertajuk National English Speech Contest 2022 dengan mengusung tema “Love of The Motherland“.  Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris mengusung tema ini sebagai wujud memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan cinta tanah air. Lomba ini ditujukan untuk siswa/i  SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia. Untuk memberitahukan dan menjangkau para siswa/i Sekolah Menengah Atas dari Sabang sampai Merauke. Tim panitia lomba bekerja sama dengan media partner Instagram dari akun-akun besar seperti info lomba dan event mahasiswa. Serta membagikan 100 poster di puluhan SMA dan SMK di Surabaya. Akhirnya lebih dari 170 peserta yang mendaftar dari berbagai sekolah di berbagai daerah seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Sumatera, Bali dan daerah lainnya. Kegiatan lomba pidato ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), dimana para peserta mengirim teks pidato yang mereka lombakan ke link google form yang telah disediakan oleh panitia, kemudian mengunggah video pidato tersebut menggunakan Bahasa Inggris di akun media sosial Instagram mereka masing-masing. Dengan syarat para peserta membuat caption semenarik mungkin serta menandai akun @himasiuntag dan @sasinguntag_sby. Sistem penilaian dalam lomba ini dilakukan oleh 2 orang juri, 1 juri internal yang berasal dari dosen Sastra Inggris Untag dan 1 juri eksternal berasal dari dosen luar Untag Surabaya. Adapun dari sekian banyaknya peserta, yang dipilih menjadi juara hanyalah 6 peserta. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan E-sertifikat untuk seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan National English Speech Contest.

 

Berikut nama-nama pemenang dalam National English Speech Contest :

  1. Clarissa Wemona dari SMK Telkom Malang, meraih juara 1 dengan hadiah uang tunai Rp.1.000.000,-
  2. Patricia Nathalie dari SMA Yos Sudarso Batam, meraih juara 2 dengan hadiah uang tunai Rp.700.000,-
  3. Ni Made Wulan Cahyani dari SMAN 1 Kuta Utara, meraih juara 3 dengan hadiah uang tunai Rp.500.000,-
  4. Evelyna Putri Nailatul Fadila dari SMAN 1 Ponorogo meraih juara harapan 1 dengan hadiah uang tunai Rp.300.000,-
  5. Aulia Maheswari Cahyono dari SMAN 1 Kertosono meraih juara harapan 2 dengan hadiah uang tunai Rp.200.000,-
  6. Putu Puspa Widyanti dari SMAN 3 Singaraja meraih juara harapan 3 dengan hadiah uang tunai Rp.100.000,

Prodi Sastra Inggris Untag Surabaya mengadakan acara ini dengan tujuan menfasilitasi siswa/i Sekolah Menengah Atas untuk unjuk kebolehan kecapakan dalam berbahasa Inggrisnya. Dengan harapan mereka dapat menyalurkan bakat dan lebih percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris.  

“Awalnya saya tidak menyangka dan berharap akan terpilih menjadi juara satu dalam acara National English Speech Contest ini. Terima kasih kepada prodi Sastra Inggris dan Himasi yang telah mengadakan kegiatan ini yang mana saya bisa mengasah keterampilan saya dalam berbahas Inggris.” Ungkap Clarissa Wemona siswi asal SMK Telkom Malang.

“Jangan berhenti di sini saja, kalian kembangkan lagi bakat yang kalian miliki dan ikuti terus ajang-ajang yang ada.” Pesan Ketua Program Studi Sastra Inggris Surabaya dalam kegiatan The Prize Giving Ceremony melalui zoom meeting.

Meskipun lomba ini bertaraf nasional, tidak berarti dalam menjalaninya tim panitia tidak memiliki kendala apapun. Untungnya semua bisa berjalan dengan baik. Hal ini sebagai pembelajaran agar di acara-acara selanjutnya dapat dipersiapkan dengan lebih baik lagi. Mulai dari persiapan waktu, kesiapan panitia dan faktor-faktor lainnya.



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link