Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Telah dibuka

  Kamis, 12 Mei 2022 - 10:55:13 WIB   -     Dibaca: 92 kali

Apa itu Kampus Merdeka?

Program persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia. Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. 

Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, para mahasiswa bisa merasakan belajar di universitas lain, bertujuan untuk membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa untuk berjumpa, bercerita, dan berbagi. Target peserta untuk program ini adalah 20.000 mahasiswa .  

Program ini memberikan kesempatan pertukaran mahasiswa antarpulau. Kegiatan pertukaran pelajar akan dilakukan selama satu semester. Sesuai Kepmen Nomor 74/P/2021 yang memberikan jaminan pengakuan 20 SKS untuk kegiatan pembelajaran di program Kampus Merdeka, mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pembelajaran sebanyak 20 SKS yang dapat diikuti dengan tiga skema.

Skema pertama adalah 20 SKS penuh di universitas penerima secara luring. Skema kedua adalah 10 SKS di universitas penerima secara luring dan 10 SKS di universitas asal secara daring. Untuk skema ketiga, total 20 SKS bisa dilakukan secara kombinasi dengan 10 SKS di universitas penerima secara luring, dan 10 SKS untuk beberapa mata kuliah baik di universitas penerima mau pun universitas asal secara daring.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, segera kunjungi:

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (kemdikbud.go.id)



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link