KULIAH UMUM SASTRA AMERIKA, AUSTRALIA, DAN BRITANIA

  Kamis, 29 Oktober 2020 - 10:03:12 WIB   -     Dibaca: 251 kali

“Performance Poetry atau sastra lisan merupakan bentuk karya sastra yang sudah muncul ribuan tahun yang lalu dan masih tergolong sastra kontemporer”, tutur John Charles Ryan, sastrawan, peneliti, dan akademisi dari Southern Cross University Australia saat sesi kuliah tamu di Program Studi Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya [14/10/2020] melalui Zoom meeting. Dalam sesi ini John mencontohkan bagaimana Performance Poetry ditampilkan dan unsur-unsur apa saja yang terdapat di dalamnya.

Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa Sastra Inggris yang sedang menempuh mata kuliah General Literature. Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah tamu ini menanyakan bacaan yang mudah dan menarik untuk dibaca bagi pemula yang sedang belajar karya sastra Inggris. John merekomendasikan bacaan karya Ernest Hemingway sebagai bacaan bagi pemula karena bahasanya yang mudah diikuti dan jumlah halamannya yang tidak terlalu banyak.

Kuliah tamu ini diikuti beberapa kegiatan yang interaktif seperti memberi respon terhadap materi yang sudah disampaikan melalui uraian pendek yang mahasiswa ketik selama lima menit dan berikan kepada pemateri dan dosen pengampunya pada mata kuliah General Literature. Mahasiswa merasa senang bisa berinteraksi langsung dengan sastrawan asal Amerika yang mengajar di Australia ini. Mateus Rudi Supsiadji, S.S., M.Pd., Ketua Program Studi Sastra Inggris dan salah satu pengampu mata kuliah General Literature ini menyebutkan bahwa kuliah tamu ini bertujuan memberi wawasan kesastraan Amerika, Australia dan Britania kepada mahasiswa Sastra Inggris agar mereka lebih percaya diri dan mempunyai gambaran yang lebih jelas terkait kesastraan yang akan ditekuninya kedepannya.



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link