PRINSIP DAN PRAKTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING ASINKRON

  Rabu, 30 September 2020 - 13:27:01 WIB   -     Dibaca: 1371 kali

Pembelajaran daring menjadi populer sejak terjadinya wabah Covid-19 diakhir tahun 2019. Berbagai lembaga pendidikan menyelenggarakan pembelajaran daring sebagai pengganti tatap muka. Dalam praktik pembelajaran daring, tidak jarang kita jumpai berbagai keluhan dari para tutor, mulai dari masalah teknis sampai masalah prinsip penyelenggaraannya. Nah, menanggapi permasalahan tersebut, Thom Kiddle, direktur NILE (Northampton Integrated Learning Environment), menyampaikan beberapa perbedaan penting antara kelas tatap muka (Live) dan pembelajaran daring asinkron pada sesi webinar Advancing Learning yang diselenggarakan oleh MacMillan Education ELT.

Perbedaan pertama adalah terkait kehadiran. Pada kelas tatap muka seluruh siswa hadir pada waktu yang sama, sedangkan pada pembelajaran daring asinkron kehadiran siswa bisa kapan saja sesuai dengan ketersediaan waktunya. Perbedaan kedua adalah terkait sesi kegiatan. Pada kelas tatap muka sesi kegiatannya terjadwal pada satu waktu, sedangkan pada pembelajaran daring asinkron kegiatannya lebih bersifat individu dan kerjasama. Perbedaan ketiga terkait pola interaksi. Pada kelas tatap muka atau pembelajaran daring sinkron interakti terjadi antara host dan partisipants, sedangkan pada pembelajaran daring asinkron interaksi bersifat personalisasi dan atomatis, seperti umpan balik yang diberikan oleh software komputer. Perbedaan terakhir adalah terkait platform yang dipakai. Pada kelas tatap muka atau pada pembelajaran daring sinkron platform yang umum dipakai diantaranya Adobe Connect, Zoom, Blackboard Collaborate, dan Google Meet, sedangkan pada pembelajaran daring asinkron platform yang umum dipakai adalah Moodle (seperti E-Learning Untag Surabaya), Blackboard, Edmodo, dan Google Classroom.

Dengan mengetahui perbedaan kedua mode pembelajaran tersebut diatas, tutor tentunya diharapkan akan lebih bijak dalam praktik pelaksaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik kedua mode yang dibahas diatas. Masing-masing mode pembelajaran diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui lebih rinci paparan Tom Kiddle, silakan tonton video rekaman webinarnya dibawah ini.



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link