Pusat Layanan Bahasa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bekerjasama dengan UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan menggelar English Proficiency Tes

  Selasa, 22 September 2020 - 22:05:38 WIB   -     Dibaca: 321 kali

Guna meningkatkan kemampuan berbahasa asing, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan menggelar  English Proficiency Test (EPT). Dalam kegiatan ini UPT Pasuruan bekerjasama dengan Pusat Layanan Bahasa Universitas 17 Agustus 1945. Tes yang dilaksanakan 19 September itu diikuti oleh peserta pelatihan kejuruan Bahasa Inggris di UPT BLK Pasuruan.

Kepala UPT BLK Pasuruan, Drs Setijo Budi MSi, Selasa (22/9/2020) mengatakan, EPT dan sertifikasi kompetensi BNSP merupakan salah satu strategi dari Balai Latihan Kerja untuk meningkatkan skill berbahasa asing bagi calon tenaga kerja.

Setijo Budi menjelaskan pelatihan kali ini bertujuan meningkatkan kualitas, kompetensi, dan produktivitas tenaga kerja yang dapat menghasilkan kompetensi di bidangnya. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten serta usaha untuk menciptakan lapangan kerja mandiri dan professional.

Pada zaman modern seperti sekarang ini bahasa Inggris sudah dianggap sebagai bahasa universal. Tak hanya bisnis dan ekonomi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pun seringkali harus dikejar dengan menguasai bahasa Inggris. Begitu pentingnya penguasaan bahasa Inggris hingga bahasa yang satu ini diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah dan menjadi salah satu persyaratan penting dalam pekerjaan.

Menurutnya, walaupun saat ini penguasaan bahasa Inggris merupakan hal yang lumrah di antara masyarakat Indonesia, kenyataannya tak semua orang bisa menguasai bahasa asing ini dengan mudah. Banyak yang perlu mengambil kursus atau pelatihan tertentu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Padahal sebenarnya banyak cara yang lebih sederhana namun efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang bisa ditempuh. Meningkatkan rasa percaya diri

"Memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain dapat menjadi pendorong naiknya rasa percaya diri, yang pada akhirnya menimbulkan sikap positif dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan kerja," tuturnya.

Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan pada era globasasi saat ini. TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yang seringkali digunakan sebagai persyaratan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan tinggi maupun melamar pekerjaan.

Pelaksanaan tes ini dipantau langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya, Drs Danu Wahyono, MHum. Kerjasama dalam pelaksanaan EPT ini sudah berlangsung sejak tahun 2019. Dengan adanya tes EPT ini diharapkan para calon tenaga kerja yang mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja dapat memiliki kemampuan berbahasa yang terstandar. Selain mengikuti EPT, para peserta pelatihan juga akan disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada akhir pelatihan.



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link