Cracking the ITP TOEFL: Web Seminar Series dari Program Studi Sastra Inggris Untag Surabaya

  Sabtu, 15 Agustus 2020 - 20:36:00 WIB   -     Dibaca: 466 kali

TOEFL ITP atau Test of English as a Foreign Language - Institutional Testing Program merupakan tes yang mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seorang individu yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes ini menggunakan sistem pilihan ganda (multiple choice). Terdapat tiga bagian keterampilan dan komponen kebahasaan yang diujikan dalam tes TOEFL ITP, yaitu menyimak (Listening Comprehension), tata bahasa (Structure and Written Expression), dan membaca (Reading Comprehension).

“Bagi sebagian peserta tes, soal TOEFL ITP ini diangap sangat sulit. Namun sebenarnya ada beberapa strategi yang bisa dipelajari oleh peserta tes untuk memperoleh nilai yang diharapkan”, ujar Bramantya Pradipta, M.Hum., salah satu pemateri Listening Comprehension pada sesi web seminar Cracking the ITP TOEFL yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini.

Kedua pemateri web seminar Cracking the ITP TOEFL lainnya yaitu Dr. Pariyanto, M.Ed. dan Muizzu Nurhadi, M.Hum. Pariyanto menyampaikan strategi menjawab soal Structure and Written Expression, sedangkan Muizzu membahas strategi menjawab soal-soal Reading Comprehension. Web seminar ini diselenggarakan berseri setiap hari Jumat pada tanggal 17 Juli, 24 Juli, dan 7 Agustus 2020 melalui platform Zoom dan Live streaming Youtube.

Peserta yang mendaftar pada web seminar TOEFL ITP ini mencapai 350, namun hanya 60% nya saja yang ikut bergabung di Zoom dan di Youtube. 66.6 % dari jumah peserta yang mendaftar pada kegiatan web seminar ini adalah mahasiswa S1. Dari formulir evaluasi kegiatan web seminar, 70 % peserta merasa web seminar ini berguna bagi mereka dan berharap ada kegiatan-kegiatan lanjutan kedepannya dengan topik yang berbeda. Mateus Rudi Supsiadji, M.Pd., Ketua Program Studi Sastra Inggris Untag Surabaya mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan serupa akan terus dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi Prodi Sastra Inggris Untag Surabaya kepada masyarakat luas.

 



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link