MEMPERSIAPKAN KURIKULUM KAMPUS MERDEKA, PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS MENYELENGGARAKAN SERANGKAIAN RAPAT

  Kamis, 25 Juni 2020 - 00:00:59 WIB   -     Dibaca: 730 kali

Menyikapi kurikulum kampus merdeka, Program Studi Sastra Inggris Untag Surabaya melakukan serangkaian diskusi untuk membahas penyesuaian matakuliah atau perubahan bentuk pembelajaran dari perkuliahan di kampus menjadi kegiatan di luar kampus, pemetaan bidang-bidang yang feasible dilaksanakan sesuai kondisi institusi dan situasi masing-masing, persiapan-persiapan Prodi untuk membuat kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi terkait baik pemerintah, nonpemerintah dan perusahaan dalam maupun luar negeri serta penghitungan jumlah sks rekognisi untuk setiap kegiatan bersama-sama pihak mitra.

“Ada banyak hal yang harus kita persiapkan bersama dalam merespon merdeka belajar- kampus merdeka ini. Beberapa diantaranya adalah kita harus menyiapkan mata kuliah pilihan yang mengakomodasi mahasiswa dari luar Program Studi Sastra Inggris, capaian pembelajaran, serta rencana pembelajaran semester (RPS)”, tutur Mateus Rudi Supsiadji, S.S., M.Pd., Ketua Program STudi Sastra Inggris Untag Surabaya saat diskusi dengan beberapa dosen Sastra Inggris di ruang rapat Fakultas Ilmu Budaya [24/06/2020].

Kegiatan-kegiatan rapat ini sebelumnya sudah sering dilakukan dengan media video conference Zoom Meeting. Diskusi penyesuaian mata kuliah cukup panjang pembahasannya karena masih adanya perdebatan apakah sebelum mengikuti mata kuliah diluar kampus atau program studi mahasiswa harus memperolah dasar-dasar keilmuannya terlebih dahulu di program studinya sendiri. Begitu juga dengan mata kuliah pilihan yang ditawarkan kepada mahasiswa diluar program studi, apakah harus dalam satu paket kelas ataukah boleh mendaftar sendiri-sendiri.

Dr. Tri Pramesti, M.S., dosen sastra Inggris dan salah satu peserta rapat menyampaikan, “mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah English Language Teaching bisa langsung diarahkan atau disarankan untuk praktek mengajar di sekolah SMP Hang Tuah 1 Surabaya karena lembaga tersebut sudah menjadi mitra Fakultas Ilmu Budaya dan kita juga sedang menjalankan pengabdian masyarakat disana” sarannya.



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link