BAKTI SOSIAL MAHASISWA FIB UNTAG SURABAYA UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19

  Sabtu, 06 Juni 2020 - 23:10:34 WIB   -     Dibaca: 549 kali

Wabah virus COVID-19 di Indonesia menyebabkan perekonomian masyarakat terpuruk karena ruang gerak yang terbatas, mengikuti arahan pemerintah melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran virus. Banyak usaha dan bisnis gulung tikar, dan tidak sedikit perusahaan yang terpaksa melakukan PHK secara masal sebagai dampak dari wabah ini. Hal ini mendorong seluruh jajaran organisasi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNTAG Surabaya yang bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengadakan kegiatan Aksi Bakti Sosial guna membantu masyarakat yang membutuhkan. Aksi ini dibagi menjadi dua tahap, yakni  pada hari Jumat tanggal 1 Mei dan Rabu 20 Mei. Penggalangan dan pengumpulan dana dilakukan secara online melalui sosial media. Setelah donasi  terkumpul sejumlah Rp.3.300.000,00, bantuan sebesar Rp.700.000,00 disalurkan kepada lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Rp. 2.600.000,00 disalurkan langsung oleh anggota organisasi kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya. Dilanjutkan dengan persiapan pembelian bahan - bahan sembako dari hasil donasi untuk dibagikan kejalan pada hari Jumat dan Sabtu [22-23 /05/2020].

Dalam kegiatan ini perwakilan setiap organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menyasar beberapa tempat yang dirasa sangat strategis untuk membagikan hasil donasi langsung ke masyarakat , mulai dari beberapa perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris dan sastra Jepang (HIMASI dan HIMAWARI) yang membagikan di daerah Jl.Ambengan dan sekitarnya pada hari Jumat 22 Mei, lalu disusul oleh beberapa perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (BEM FIB) yang menyasar dua titik, yaitu di daerah Wisma Tropodo kota Sidoarjo dan di Jl. Dokter Wahidin S.H kota Gresik. Sasaran kegiatan bakti sosial ini adalah korban terdampak COVID-19 yang terpaksa turun kejalan untuk menyambung hidup – mulai dari tukang becak, petugas kebersihan,hingga pemulung.

Walaupun kegiatan ini sempat tertunda karena cuaca yang kurang mendukung, panitia penyelenggara kegiatan ini tidak patah semangat. Sekitar pukul 20.00 WIB panitia kembali bergerak ke titik tujuan dengan sasaran yang telah di siapkan. Salah satu warga yang mendapatkan bantuan sembako mengatakan rasa terimakasihnya atas kegiatan yang dilaksanakan ini –kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu ini sangat dibutuhkan.

Untuk  mendorong rasa kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, Nur Laili Hidayah, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (BEM FIB) dan salah satu pengarah dan penanggung jawab kegiatan bakti sosial ini, menyampaikan “Saya berharap mahasiswa dapat menjadi salah satu unit masyarakat yang berada di depan menjadi contoh untuk masyarakat lainnya dalam menghadapi musibah ini. Sebagai mahasiswa, kita harus bersinergi khususnya dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.” Ujar Laili.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak Kampus serta Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 dengan menyumbangkan 60 goodie bag dan 80 masker untuk kelangsungan kegiatan tersebut.

 

 



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link