SUMBER BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS SAAT PANDEMI COVID-19

  Sabtu, 12 Desember 2020 - 20:49:51 WIB   -     Dibaca: 76 kali

Sejak perubahan mode belajar dari luring (luar jaringan) ke daring (dalam jaringan) marak dilakukan di sejumlah penyelenggara pendidikan sebagai dampak dari Covid 19, tidak sedikit pengajar yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajarannya. Beberapa faktor diantaranya adalah minimnya pengetahuan terkait ICT (Information and Communications Technology).

Mulai dari persiapan sampai dengan penilaian proses belajar tentunya harus menyesuaikan dengan mode belajar daring. Learning management System (LMS), platform pembelajaran daring (online learning) bagi penyelenggara pendidikan yang melaksanakan pendidikan jarak jauh (PJJ), adalah ruang belajar yang pengajar harus kenali dengan baik. LMS meliputi Google Classroom, Edmodo, Moodle, Whiteboard, Canvas, dan lain sebagainya. Begitu kenal dengan baik, pengajar tinggal mengisi pembelajarannya layaknya mengajar di dalam kelas mode luring, namun tentunya ada beberapa keterbatasan.

Tidak seperti mode luring, aktivitas pembelajaran daring harus disampaikan secara digital, dalam bentuk soft file, bukan hard file. Nah, bagi pengajar Bahasa Inggris tidak perlu sibuk membuatnya sendiri karena Cambridge English menyediakan sumber belajar berikut aktivitas yang bisa dilakukan saat belajar online. Untuk mengetahui seperti apa sumber belajar dan aktivitas belajarnya, anda bisa kunjungi cambridgeenglish.org atau klik disini.



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link