MENANGGAPI ISU-ISU TERKINI DI TANAH AIR, HIMASI UNTAG SURABAYA MENYELENGGARAKAN WEBINAR TENTANG OMNIBUS LAW

  Minggu, 22 November 2020 - 14:16:25 WIB   -     Dibaca: 90 kali

Sejak disahkannya undang-undang cipta kerja (paket Omnibus law), omnibus law banyak dibicarakan oleh publik di Indonesia. Menyikapi isu yang cukup populer tersebut, Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMASI) Untag Surabaya menyelenggarakan webinar dengan tajuk “Analisa Propaganda Media terkait Undang -Undang Omnibus Law” pada tanggal 13 November 2020 via Zoom meeting dan YouTube Live Streaming.

Pemateri pada webinar kali ini adalah Prihandari Satvikadewi, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untag Surabaya, dan Bramantya Pradipta, dosen Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya. Peserta yang hadir pada kegiatan ini lebih dari 100 orang, beberapa diantaranya mengikuti via Zoom dan via Youtube.  

“Untuk mengetahui apakah media sekedar menyampaikan informasi atau melakukan propaganda, kita harus membongkar setiap kata dan setiap kalimat atau simbol-simbol yang di gunakan perlu dipertanyakan” ujar Prihandari dalam paparannya yang bertajuk “Propaganda Media dan Undang-undang Cipta Kerja”.

Bramantya lebih jauh menyampaikan materi tentang “A Critical Discourse Analysis of Online Media News on Omnibus Law’s Content in Indonesia”. Dalam paparannya, Bramantya fokus membahas penggunaan kata dalam berita media massa serta implikasi yang ditimbulkan. Bramantya mencontohkan penggunaan kata menurunkan, menaikkan, dan menyesuaikan atau mengganti dalam konteks harga BBM oleh pemerintah. “Implikasi yang ditimbulkan bisa Positif, bisa negatif, atau bisa juga netral”, imbuhnya.

Ketua pelaksana webinar, Jannati Haytsu Nasya Thalib, menuturkan “kegiatan webinar ini adalah bentuk eksistensi HIMASI Untag Surabaya yang turut berperan dalam berbagi pengetahuan (knowledge sharing) kepada publik, khususnya pada masa pandemi Covid-19”.

 



Sistem Informasi Manajemen Akademik Untag Surabaya Link